A.
Definisi Pendidikan
1.
Ki Hajar Dewantara
Pendidikan adalah segala daya upaya untuk memajukan budi pekerti,
pikiranserta jasmani anak, agar dapat
memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup danmenghidupkan anak yang
selaras dengan alam dan masyarakatnya.
2.
Paulo Freire
Pendidikan merupakan jalan menuju pembebasan yang permanen dan
terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah masa di mana manusia menjadi sadar
akan pembebasan mereka, yang melalui praksis memgubah keadaan itu. Tahap kedua
dibangun atas tahap yang pertama dan merupakan sebuah proses tindakan cultural
yang membebaskan.
3. John Dewey
Pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal
ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa
dengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk
menghasilkan kesinambungan sosial. Proses ini melibatkan pengawasan dan
perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok di mana dia hidup.
B. Definisi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
1.
Somantri
(Sapriya : 2008 : 9)
IPS adalah penyederhanaan atau disiplin ilmu ilmu
sosial humaniora serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan
disajikan secara ilmiah dan pedagogis/psikologis untuk tujuan pendidikan.
2.
Moeljono
Cokrodikardjo
IPS adalah perwujudan dari suatu
pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial. Ia merupakan integrasi dari
berbagai cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi diformulasikan untuk
tujuan instruksional dengan materi dan tujuan yang disederhanakan agar mudah
dipelajari.
3.
Charles
R Keller ( Sapriya : 2006 : 6)
IPS adalah suatu paduan dari sejumlah
ilmu-ilmu sosial dan ilmu lainnya yang tidak terikat oleh
ketentuan/disiplin/struktur ilmu tertentu melainkan bertautan dengan
kegiatan-kegiatan pendidikan yang berencana dan sistematis untuk kepentingan
program pengajaran sekolah dengan tujuan memperbaiki mengembangkan dan memajukan
hubungan-hubungan kemanusiaan kemasyarakatan.
C.
Definisi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
1.
Edgar
G. Wesley (Sapriya, 2006)
Pendidikan IPS adalah penyederhanaan
dari disiplin ilmu-ilmusosial yang diorganisir, disajikan secara ilmiah dan
psikologis untuk mencapai tujuan pendidikan.
2.
Somantri
Pendidikan IPS merupakan seleksi dan
rekonstruksi dari disiplin ilmu pendidikan dan disiplin ilmu-ilmu sosial,
humaniora yang diorganisir dan disajikan secara psikologis dan ilmiah untuk
tujuan pendidikan.
3.
Ischak
(1997)
Pendidikan IPS adalah bidang studi yang
mempelajari, menelaah menganalisis gejala dan masalah sosial di masyarakat
dengan meninjau dari berbagai aspek kehidupan atau suatu perpaduan.
DAFTAR PUSTAKA
0 komentar:
Post a Comment