Monday, June 17, 2013

Transportasi Kelas IV semester II

Pengertian Transportasi
            Pernah kalian mendengarkan istilah transportasi?
            Apa yang  kalian tahu tentang alat transportasi?
            Transportasi adalah usaha memindahkan benda dari satu tempat ke tempat lainnya.
Sedangkan alat transportasi ialah yang digunakan untuk mengangkut penumpang atau barang.
            Sejak dulu orang sudah mengenal alat transportasi walaupun sangat sederhana. Mereka menggunakan hewan dan bahkan tenaga manusia sebagai alat tranportasi.
            Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, teknologi transportasi mengalami perubahan yang sangat pesat.
Jenis-jenis alat transportasi:
  1. Transportasi Darat
            Transportasi darat adalah sarana pengangkutan yang menghubungkan dua tempat yang berjauhan melalui darat. Pada masa lalu alat transportasi darat misalnya kuda, keledai, gajah, dan kerbau. Untuk masa sekarang alat transportasi darat dibagi menjadi dua. Ada transportasi yang tidak menggunakan tenaga mesin. Misalnya becak, pedati, dokar, bendi, dan sepeda. ada pula yang menggunakan tenaga mesin. Misalnya sepeda motor, bis, mobil, dan kereta.
            Transportasi darat adalah sarana pengangkutan yang menghubungkan dua tempat yang berjauhan melalui darat. Pada masa lalu alat transportasi darat misalnya kuda, keledai, gajah, dan kerbau.
           
             
            Untuk masa sekarang alat transportasi darat dibagi menjadi dua. Ada transportasi yang tidak menggunakan tenaga mesin. Misalnya becak, pedati, dokar, bendi, dan sepeda. ada pula yang menggunakan tenaga mesin. Misalnya sepeda motor, bis, mobil, dan kereta.

2. Transportasi Air
             Alat transportasi laut pada masa lalu masih menggunakan rakit, perahu dayung, dan perahu layar. Seiring kemajuan teknologi, kini angkutan laut mampu menjangkau pulaupulau dan lautan yang luas
             
Alat transportasi laut sekarang berupa kapal, baik berukuran kecil maupun besar. Kapal laut menurut kegunaannya dapat dibedakan menjadi kapal khusus angkutan barang dan kapal angkutan penumpang.
a. Kapal Angkutan Penumpang
Contoh kapal angkutan penumpang adalah feri, yaitu kapal penyeberangan selat. Selain itu, speedboad dan kapal pesiar.
b. Kapal Angkutan Barang
Contohnya kapal kontainer yang digunakan untuk mengangkut barang-barang kiriman atau dagangan, baik dalam negeri (antarpulau) dan ke luar negeri. Contoh lain adalah kapal tanker yaitu kapal yang digunakan untuk mengangkut minyak dan gas.
3. Transportasi udara
            Pernahkah kalian melihat pesawat terbang melintas di lingkungan tempat tinggalmu?
           
            Pesawat terbang merupakan salah satu angkutan udara yang sangat penting.
            Alat transportasi udara banyak jenisnya. Helikopter, pesawat terbang, dan jet merupakan beberapa contoh alat transportasi udara.
            Di Indonesia, sarana transportasi udara mengalami kemajuan pesat. Setiap ibu kota provinsi sudah memiliki bandar udara. Bahkan beberapa kota terpencil sudah ada yang memiliki bandar udara. Penerbangan sudah menjangkau daerah-daerah terpencil. Penerbangan ini disebut penerbangan perintis.
Perhubungan udara sudah digunakan sejak ditemukannya balon gas. Pada waktu itu, balon gas hanya mampu mengangkut tiga sampai empat orang. Kelemahannya waktu tempuh perjalanannya lambat.
            Seiring perkembangan teknologi, manusia menciptakan alat transportasi modern yang lebih cepat. Releigh dan Wright bersaudara, seorang ahli dari Amerika mengawali kemajuan teknologi transportasi udara. Mereka berhasil membuat kapal terbang sederhana. Kemajuan ini diikuti para ahli yang lain.
            Kini masyarakat dapat memanfaatkan alat transportasi udara yang lebih cepat.

            Transportasi udara meliputi angkutan udara sipil dan angkutan militer. Angkutan udara militer digunakan untuk kepentingan pertahanan negara, misalnya pesawat tempur. Adapun angkutan sipil digunakan untuk angkutan penumpang dan barang, misalnya mengangkut jamaah haji.
Transportasi pada Masa Lalu dan Masa Kini
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi yang tergolong sederhana.
Sebelum ditemukan alat transportasi bermesin, mereka menggunakan pedati, delman, kuda. Teknologi transportasi tersebut masih menggunakan tenaga hewan
Ilmu dan kemampuan manusia terus berkembang. Begitu pula dengan perkembangan transportasi. Berbagai kendaraan bermesin dan perahu bermotor tercipta dan memudahkan manusia dalam menempuh jarak yang sangat jauh.
Contoh : mobil, kereta api, kapal pesiar, dsb. 

Kelebihan dan kekurangan Teknologi Transportasi

  • Kelebihan alat transportasi masa lalu
    Murah dan tidak menimbulkan polusi.

  • Kelemahan alat transportasi pada masa lalu
    Kemampuan jelajahnya sangat terbatas. Oleh karena itu perjalanan jauh ditempuh dalam waktu yang sangat lama.
  • kelebihan alat transportasi modern
    waktu tempuh perjalanannya lebih cepat dan jangkauan luas, seperti pesawat terbang yang bisa melintasi tempat yang sangat jauh.
  • Kelemahan alat transportasi modern
    Dapat menimbulkan masalah antara lain:
    Polusi Udara
    Polusi Suara
    Kemacetan Lalu Lintas
    Kecelakaan Lalu Lintas

    Selain itu, alat transportasi modern biayanya mahal.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment